Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Blog

Harga Emas Terbaru: Emas Dunia di Kisaran Rp.932.750
shareIcon

Harga Emas Terbaru: Emas Dunia di Kisaran Rp.932.750

18 Sep 2020, 2:38 PM·READING_TIME
shareIcon
Kategori
Harga Emas Terbaru: Emas Dunia di Kisaran Rp.932.750

Harga emas terbaru per hari Jumat adalah di $1,960. Sejak akhir minggu lalu, kontrak berjangka emas Oktober diperdagangkan di kisaran $1,935-$1,985 sementara pasar menunggu kabar lebih lanjut dari bank sentral AS. Meskipun sempat menyentuh $1,940 di pertengahan minggu, emas kembali pulih di akhir minggu.

Harga Emas Awal Minggu

Harga emas turun dari harga tertinggi dua minggu di Kamis pagi di Asia. Penyebabnya adalah dolar yang kuat. Angka ketenagakerjaan AS yang lebih bagus dari ekspektasi telah mendukung dolar. Saat itu, emas turun 1.23% ke harga $1,946.30.

Dolar mendorong harga emas turun tajam pada hari Kamis. Hal ini terjadi meskipun The Fed juga telah menyatakan bahwa suku bunga akan tetap mendekati nol hingga inflasi naik di atas 2%. Ketua Fed, Jerome Powell, juga mengatakan bahwa pemulihan ekonomi ke depannya masih penuh ketidakpastian. Aktivitas ekonomi pun mungkin akan tetap rendah selama beberapa lama. The Fed juga mengindikasikan bahwa suku bunga tidak akan berubah hingga 2023.

“Harga emas telah berada di konsolidasi selama beberapa lama, tetapi the Fed masih belum mampu menopang breakout”, kata Ross Burland, seorang analis di FX Street. “Naiknya Emas sekarang akan mengharapkan pelambatan dari pemulihan dolar AS, penyebaran COVID-19 dan sinyal inflasi serta suku bunga rendah.”

Bull emas telah mencoba menghidupkan kembali momentum sejak jatuhnya pasar dari rekor tertinggi di bulan Agustus. Di COMEX, emas hampir menyentuh $2,090 dan emas spot hampir menyentuh $2,073.

Namun mereka telah dibuat bingung oleh kekuatan dolar yang mengejutkan. Beberapa analis mencoba menjelaskan kekuatan greenback terhadap kurangnya komitmen rinci Fed untuk pembelian aset lebih lanjut yang dapat mendukung perekonomian.

Keputusan Bank Sentral dan Harga Emas Terbaru

Emas naik pada Jumat pagi di Asia, dengan dolar yang lebih lemah dan data ketenagakerjaan AS yang mengecewakan mengubah investor menuju aset safe-haven.

Bank sentral yang menjatuhkan keputusan kebijakan mereka dalam seminggu terakhir berkomitmen untuk terus meluncurkan langkah-langkah stimulus untuk membantu pemulihan ekonomi dari COVID-19 juga terus memberikan dorongan pada emas.
Emas berjangka naik 0,46% menjadi $ 1,958.85, dan dolar turun pada Jumat pagi.

Bank of England (BOE), ketika mengeluarkan keputusan kebijakannya pada hari Kamis mengatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan suku bunga negatif untuk membantu ekonomi Inggris. Karena adanya ancaman tiga kali lipat dari meningkatnya jumlah kasus COVID-19, pengangguran yang lebih tinggi dan kemungkinan Brexit yang sulit.

Bank of Japan (BOJ), yang mengumumkan keputusannya pada Kamis pagi, mempertahankan kebijakan moneternya tetap stabil. Tetapi juga mengisyaratkan kesediaan untuk mengeluarkan lebih banyak langkah stimulus jika pengangguran meningkatkan risiko deflasi.

Investor juga terus mencerna keputusan Federal Reserve AS pada hari Rabu, yang menjanjikan suku bunga rendah untuk tahun-tahun mendatang.

Data AS juga menunjukkan bahwa lebih banyak orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran daripada perkiraan, dengan 860.000 klaim pengangguran awal dibandingkan dengan 850.000 yang diperkirakan. Data tersebut juga menunjukkan bahwa hampir 30 juta orang Amerika mengklaim tunjangan pengangguran pada akhir Agustus.

Jumlah kasus COVID-19 global juga mencapai 30 juta pada 18 September, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Sementara itu, data bea cukai menunjukkan bahwa ekspor emas Swiss ke AS hampir terhenti pada Agustus. Di sisi lain, ekspor ke China dan India naik. Data tersebut menyarankan diakhirinya transfer besar emas batangan ke New York yang dimulai dengan munculnya COVID-19.

Outlook Harga Emas

Pandemi COVID-19 terus berkembang, meredam iklim ekonomi global. Namun, vaksin potensial, yang disarankan untuk tersedia menjelang akhir tahun atau awal tahun depan, menimbulkan beberapa optimisme umum.

Emas, safe-haven yang populer selama masa ketidakpastian sosial dan ekonomi, telah mengalami kenaikan harga yang substansial sejak dimulainya pandemi COVID-19 dengan harga mencapai di atas $ 2.072 pada bulan Agustus.

Credit Suisse, dalam sebuah catatan, mengatakan kemungkinan adanya koreksi dalam pada emas ke $ 1.765 per ounce. Tetapi, Swiss financial group mengatakan kasus dasar objektif untuk emas tetap bullish di $ 2.075/80.

Namun, jalur yang untuk resistance paling sedikit lebih rendah, katanya. “Sementara kami terus melihat tren jangka panjang lebih tinggi, diperkuat oleh penurunan imbal hasil AS yang sebenarnya dan penurunan USD. Bias kami tetap untuk konsolidasi lebih lanjut di atas sekelompok support di $ 1.897/37, yang mencakup retracement 23,6% dari reli dari level terendah 2018,” katanya. Dengan outlook tren jangka panjang pada emas, apakah kamu sudah mulai berinvestasi?

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Simak juga:

Sejarah Bank Indonesia, Peran & Fungsinya Jaga Stabilitas Keuangan Indonesia

Harga Emas Spot Minggu ini Naik 0.86% menjadi Rp.930.802

Pergerakan Harga Emas di Indonesia, Apa Saja yang Mempengaruhinya?

Ditulis oleh
channel logo

Ervina Salim

Right baner

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Artikel Terkait

no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1