Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Blog

Harga Emas Naik Kembali di Atas Level Kunci di $1,900
shareIcon

Harga Emas Naik Kembali di Atas Level Kunci di $1,900

2 Oct 2020, 6:19 AM·READING_TIME
shareIcon
Kategori
Harga Emas Naik Kembali di Atas Level Kunci di $1,900

Minggu ini, harga emas naik dan menutup kuartal ketiga dengan kenaikan lebih dari 4%. Kenaikan di kuartal ini disebabkan rekor tertinggi di atas $ 2.000 yang memberikan keuntungan jangka panjang pada emas meskipun ada volatilitas yang disebabkan oleh dolar yang kuat.

Harga Emas Naik di Awal Minggu

Emas mengalami minggu terburuk dalam enam bulan minggu lalu, kehilangan hampir 5%. Ini terjadi setelah pukulan dari dolar yang sekali lagi terbukti menjadi juara dalam babak terakhir.

Tetapi, pada perdagangan hari Senin, emas spot, yang mencerminkan perdagangan real-time dalam bullion, naik $ 16,97, atau 0,9%, menjadi $ 1.879,37. Emas di sesi tertinggi sebelumnya mencapai $ 1.883,02. Kenaikan yang hampir mencapai 1% ini dinilai pantas dalam hampir seminggu. Disebabkan oleh dolar yang mulai turun dari level tertinggi dua bulan.

Di hari Selasa, harga emas naik untuk hari ke-2 minggu ini dan kembali pada level kunci $ 1,900. Dolar dan pasar ekuitas melemah menjelang debat pemilu Presiden Donald Trump dan oposisi Joe Biden yang dapat mempengaruhi hasil pemilu AS 2020.

Kontrak Emas AS untuk pengiriman Desember ditutup naik $ 20, atau 1,1%, pada $ 1.903,20 per ounce di Comex New York. Patokan kontrak berjangka emas ini telah memperoleh kenaikan kumulatif 2% sejak awal minggu, menuju minggu terbaiknya dalam hampir dua bulan.

Baca juga: Harga Emas Anjlok di Bawah Rp 910.000/gram, Apakah Tren Ini Akan Berlanjut?

Emas di Tengah Perkembangan Stimulus AS 

Emas turun pada Rabu pagi karena penguatan dolar dan optimisme hati-hati atas langkah-langkah stimulus AS terbaru. Pada sesi perdagangan berikutnya, kontrak Emas AS untuk pengiriman Desember ditutup pada $ 1, 895,50 per ounce di Comex New York, naik $ 7,70, atau 0,4%.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi pada hari Selasa mengangkat harapan bahwa Kongres AS akan mengesahkan tagihan stimulus fiskal $ 2,2 triliun terbaru. Hal ini diusulkan oleh Demokrat sehari sebelumnya. Pelosi mengatakan bahwa kesepakatan dengan Partai Republik dapat dimungkinkan minggu ini. Pelosi akan duduk untuk pembicaraan lebih lanjut dengan Menteri Keuangan Steve Mnuchin.

Namun, label harga paket masih di atas apa yang telah dinyatakan secara terbuka oleh Partai Republik bahwa mereka akan menerimanya. Beberapa investor ragu bahwa RUU itu akan disahkan oleh Kongres dalam keadaannya saat ini sebelum pemilihan presiden di 3 November.

Berhubungan dengan pemilu AS, kandidat Donald Trump dan Joe Biden telah berpartisipasi dalam satu dari tiga debat presiden yang ada di hari Selasa malam. Keduanya membahas masalah seperti kepemimpinan Trump, pandemi COVID-19, ekonomi dan pajak. Sesi debat tersebut kadang-kadang berubah menjadi kekacauan dan tidak memberikan kandidat hasil yang berarti.

Harga Emas Naik atau Turun, Bergantung pada Dolar 

Debat pertama pemilu AS dan paket stimulus baru yang belum menunjukkan tanda apa-apa. Oleh karena itu, investor emas saat ini akan bergantung pada dolar AS untuk arah selanjutnya.

Harga emas menguat dan tetap di atas $ 1.900 per ons pada Kamis, kembali ke zona nyaman bulls di logam kuning. Investor melihat ada harapan lagi bahwa Kongres mungkin menyetujui stimulus Covid-19 sebelum pemilihan AS di bulan November.

“Emas akan kembali ke peran safe-haven tradisionalnya dan dapat terus rally meskipun ada kekecewaan dalam kemajuan kesepakatan stimulus fiskal,” kata Ed Moya, seorang analis di OANDA New York.

Di hari Kamis, Kontrak Emas AS untuk pengiriman Desember ditutup pada $ 1.916,30 per ounce di Comex New York. Sebelumnya emas naik mencapai level tertinggi satu minggu di $ 1.917,75. Kenaikan ini memperpanjang pergerakan emas yang mempesona untuk bulan September, di mana ia naik 4,2% meskipun volatilitas disebabkan oleh dolar. Emas Comex juga naik 5,3% untuk semua kuartal ketiga.

Sementara itu, spot emas naik $ 19,49, atau 1%, pada $ 1,905.37, setelah sesi tertinggi sebelumnya di $ 1,912.08.

Apakah Outlook Untuk Emas? 

Melihat perkembangan pasar saat ini, ada beberapa faktor yang dapat investor pertimbangkan.

  • USD berada dalam penurunan struktural karena kembalinya twin defisit. Tren jangka panjang USD juga menurun karena keuntungan suku bunga yang lebih lemah dan tingkat hutang AS. Karena nilai emas dunia adalah dalam dolar AS, maka dolar yang lebih lemah akan mendukung emas.
  • Stimulus fiskal global untuk meningkatkan ekspektasi inflasi jangka panjang, mendorong imbal hasil riil lebih jauh ke wilayah negatif.
  • Ketidakpastian yang tinggi akan memberikan dukungan pada aliran safe haven. Pemilu AS tinggal lima minggu lagi, dengan hasil yang masih penuh ketidakpastian.

“Dua risiko besar untuk emas adalah vaksin COVID dan pemilihan presiden AS. Keduanya membuat pasar tegang mengenai kapan kita akan tahu siapa yang menang. Dan apakah itu akan menjadi pemilihan yang diperebutkan,” kata Ed Moya, analis makro di OANDA di New York. “Jalan yang lebih tinggi akan berantakan, tetapi emas seharusnya mulai menarik investor yang memiliki strategi value investing sekarang.”

Apakah menurut kamu ini saatnya untuk menambah investasi emas kamu?

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Ditulis oleh
channel logo

Ervina Salim

Right baner

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Artikel Terkait

no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1