Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - 29 Agustus 2023
shareIcon

Daily News - 29 Agustus 2023

29 Aug 2023, 10:29 AM·Waktu baca: 6 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - 29 Agustus 2023

Mulai dari lika-liku pencalonan Presiden Taiwan hingga masalah hukum yang menimpa Starbucks, terangkum dalam Daily News 29 Agustus berikut!

Berita Pilihan Hari Ini!

1. $TSLA, $AAPL, $AMZN, $NVDA 

  • Pendiri Foxconn, Terry Gou, mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Taiwan. 
  • Sekedar informasi, Foxconn, perusahaan yang berbasis di Taiwan, adalah pemberi kerja swasta terbesar di China dan merupakan produsen untuk sejumlah perusahaan besar di seluruh dunia, termasuk Apple, Amazon, Tesla, dan Nvidia. 
  • Keterkaitan Foxconn dengan perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka ini memberikan dampak yang signifikan pada supply chain dan ekonomi global.
  • Pengumuman Terry Gou dan pernyataannya tentang pengaruh China dalam bisnis Foxconn dapat memiliki dampak pada pasar keuangan dan geopolitik. 
  • Ada dugaan China akan mengambil alih aset Foxconn  jika Terry Gou masih nekat mencalonkan diri. Namun, Gou percaya bahwa investor akan kehilangan kepercayaan pada China jika negara tersebut berusaha mengambil alih aset Foxconn.
  • Sebagai perusahaan yang tercatat di Bursa Taipei, Foxconn memiliki banyak pemegang saham, termasuk dana pensiun internasional besar. 
  • Terry Gou mendirikan Foxconn pada tahun 1974 dan memiliki kekayaan hampir $7 miliar, sebagian besar berasal dari kepemilikannya atas 12,6% saham di divisi yang diperdagangkan secara publik dari Foxconn. 
  • Gou akan bersaing dengan tiga kandidat lainnya, termasuk Wakil Presiden Taiwan William Lai Ching-te dari Partai Progresif Demokratik yang berkuasa, serta Hou Yu-ih, walikota Kota New Taipei dari partai oposisi Kuomintang, dalam pemilihan presiden Taiwan yang dijadwalkan pada 13 Januari 2024.
  • Ketidakpastian terkait hubungan antara Taiwan dan China telah mempengaruhi pasar sebelumnya. Tindakan atau pernyataan yang signifikan dari tokoh-tokoh bisnis terkemuka seperti Gou dapat mempengaruhi sentimen pasar secara luas. 
  • Hal ini juga dapat mempengaruhi investasi & perdagangan di wilayah Asia-Pasifik, termasuk dalam industri teknologi dan otomotif seperti Tesla.

Valuasi & Insight:

TSLA
Berdasarkan harga penutupan 28 Agustus 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 2 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka US$ 258,88 dengan potensi kenaikan sebesar 8,4 % dalam setahun kedepan.

AAPL
Berdasarkan harga penutupan 28 Agustus 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 27.5 x PE-nya setahun terakhir atau jauh lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 15,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka US$ 202,35 dengan potensi kenaikan sebesar 12,3 % dalam setahun kedepan.

Transaksi AAPL di Sini!

AMZN
Berdasarkan harga penutupan 28 Agustus 2023, AMZN telah diperdagangkan pada level 32,9 x PE-nya setahun terakhir atau jauh lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 15,1 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMZN di angka US$ 172,45 dengan potensi kenaikan sebesar 29,5 % dalam setahun kedepan.

Transaksi AMZN di Sini!

NVDA
Berdasarkan harga penutupan 28 Agustus 2023, NVDA telah diperdagangkan pada level 34,7 x PE-nya setahun terakhir atau jauh lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 24,5 x. Konsensus memberikan fair value harga saham NVDA di angka US$ 638,13 dengan potensi kenaikan sebesar 36,3 % dalam setahun kedepan.

 

2. $VZ, $T, dan $TMUS 

  • Flannery mencatat bahwa Verizon adalah salah satu dari beberapa perusahaan telekomunikasi dengan yield dividen tinggi yang melebihi yield obligasi korporasi 10 tahun mereka.
  • Verizon ($VZ) memiliki perbedaan spread terbesar dari perusahaan-perusahaan yang masuk dalam cakupannya, sekitar 210 basis poin.
  • “Yield dividen yang tinggi ini muncul atas kekhawatiran seputar keberlanjutan dividen, dengan pengurangan dividen di AT&T ($T) dan penghapusan di Lumen tahun lalu, dan sekarang ada kekhawatiran tentang biaya remediasi timbal dan litigasi,” tutur Flannery. 
  • Saham AT&T ($T) dan Verizon ($VZ) tertekan pada 1H2023 setelah laporan Wall Street Journal melakukan eksplorasi penggunaan kabel berlapis pada industri telekomunikasi, yang beberapa di antaranya masih berfungsi.
  • Namun, Verizon tetap dapat menghasilkan arus kas bebas sebesar $17 miliar tahun ini, sementara pembayaran dividen tahunan bisa mencapai sekitar $11 miliar. AT&T Inc. ($T) memiliki target arus kas bebas sekitar $16 miliar, dan perusahaan tersebut mungkin akan membayar dividen sekitar $8 miliar.
  • Saham-saham di sektor telekomunikasi yang memiliki yield lebih tinggi baru-baru ini merasakan tekanan akibat kenaikan suku bunga. Namun, Flannery memproyeksikan bahwa mereka mungkin akan mengalami beberapa keringanan setelah the Fed menurunkan suku bunga.
  • diantara Verizon dan AT&T sebagai perusahaan yang membayar dividen, ada T-Mobile US Inc. ($TMUS) mengisyaratkan dalam laporan keuangannya yang terbaru bahwa mereka akan membagikan dividen di masa depan. Namun, Flannery berpendapat bahwa perusahaan ini bakal mengandalkan pengembalian saham melalui pembelian saham kembali (buyback), dengan program pembelian saham baru yang lebih besar diharapkan akan terjadi beberapa minggu mendatang.

Valuasi & Insight:

VZ
Berdasarkan harga penutupan 28 Agustus 2023, VZ telah diperdagangkan pada level 6 x EV/EBITDA-nya setahun terakhir atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 8,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham VZ di angka US$ 39,54 dengan potensi kenaikan sebesar 17,9 % dalam setahun kedepan.

T
Berdasarkan harga penutupan 28 Agustus 2023, T telah diperdagangkan pada level 5,7 x EV/EBITDA-nya setahun terakhir atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 8,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham T di angka US$ 19,62 dengan potensi kenaikan sebesar 38,1 % dalam setahun kedepan.

TMUS
Berdasarkan harga penutupan 28 Agustus 2023, TMUS telah diperdagangkan pada level 7,6 x EV/EBITDA-nya setahun terakhir atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 8,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TMUS di angka US$ 174,45 dengan potensi kenaikan sebesar 29,1 % dalam setahun kedepan.

Konklusi:

VZ, T, dan TMUS berada dalam sektor industri yang sama. Secara relative valuation menggunakan EV/EBITDA, AT&T ($T) merupakan yang termurah dan mendapatkan rating dari analis tertinggi dalam potensi kenaikan (target harga saham).

 

3. $AMC 

  • Pendapatan box office AMC mengalami penurunan signifikan, turun 15% dibandingkan dengan tahun 2019. Penyebabnya adalah berkurangnya jadwal rilis film akibat dampak mogok ganda di industri. Jadwal rilis film untuk tahun 2024 juga menunjukkan pelemahan dibandingkan tahun 2023, menunjukkan tantangan dalam pemulihan dan pertumbuhan perusahaan.
  • Mogok di industri hiburan dan perfilman, termasuk pemogokan oleh SAG-AFTRA yang mewakili ribuan profesional Hollywood, telah mempengaruhi produksi film dan televisi. 
  • Akibatnya, sejumlah film ditunda dan produksi terhenti, berdampak pada pendapatan box office AMC. Tantangan ini mengilustrasikan pengaruh besar dari faktor eksternal dalam kinerja perusahaan dan sahamnya.

Transaksi Saham AMC di Sini!

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 28 Agustus 2023, AMC telah diperdagangkan pada level 2,3 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMC di angka US$19 dengan potensi kenaikan sebesar 71 % dalam setahun kedepan. 

4. $NVAX 

  • Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications menemukan bahwa virus COVID-19 berkembang pada rusa ekor putih dengan kecepatan tiga kali lipat lebih cepat daripada pada manusia. Lebih dari 10% dari sampel rusa ekor putih yang dikumpulkan di Ohio ditemukan positif COVID-19.
  • Varian delta, yang banyak beredar pada manusia, juga ditemukan pada sebagian besar virus rusa yang diurutkan. Namun, temuan ini menunjukkan bahwa transmisi virus antar spesies dapat terjadi antara manusia dan hewan seperti rusa. Beberapa rusa juga memiliki varian alfa yang telah beredar pada manusia sebelumnya.
  • Para peneliti mencatat bahwa temuan ini adalah bukti bahwa perubahan pada virus ini di masa depan dapat memiliki konsekuensi serius bagi manusia maupun ternak. Karena virus COVID-19 terus berkembang dan beradaptasi, perlu diwaspadai potensi dampaknya terhadap berbagai spesies dan ekosistem.
  • Vaksin COVID-19 yang diperbarui yang diharapkan akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang dirancang untuk melindungi terhadap subvarian XBB Omicron. Pfizer Inc ($PFE)., Moderna Inc. ($MRNA), dan Novavax Inc ($NVAX). telah mengumumkan bahwa vaksin yang telah diperbarui tersebut efektif melawan varian Eris dan beberapa varian lain yang saat ini beredar luas.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 28 Agustus 2023, NVAX telah diperdagangkan pada level 14,5 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 10,4 x. Konsensus memberikan fair value harga saham NVAX di angka US$ 20,6 x dengan potensi kenaikan sebesar 8,35% dalam setahun kedepan.

5. $SBUX 

  • Starbucks menghadapi tantangan dalam hal hukum tenaga kerja di Amerika Serikat terkait upaya mereka untuk mencegah serikat pekerja. Perusahaan ini telah dihadapkan dengan lebih dari 100 kasus terpisah yang diajukan oleh National Labor Relations Board (NLRB) dengan tuduhan lebih dari 1.000 tindakan ilegal. 
  • Starbucks dituduh menggunakan taktik ilegal dalam menghadapi aktivitas serikat, seperti menutup toko dan memberhentikan karyawan. 
  • Meskipun kampanye pengorganisasian serikat di Starbucks berhasil, kerentan hukum saat ini memungkinkan perusahaan melanggar hukum tanpa konsekuensi yang signifikan.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 28 Agustus 2023, SBUX telah diperdagangkan pada level 24,2 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 18,5 x. Konsensus memberikan fair value harga saham SBUX di angka US$ 111,61 dengan potensi kenaikan sebesar 15 % dalam setahun kedepan.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fila Faza

Right baner

Penulis di pluang menulis blog untuk masalah umum.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
saham
Mengapa Saham Apple Adalah Aset Berharga?
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1