Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Apa yang Diukur oleh Indeks S&P 500
shareIcon

Apa yang Diukur oleh Indeks S&P 500

2030  dilihat·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Apa yang Diukur oleh Indeks S&P 500

Apa itu indeks S&P 500? Salah satu indeks pasar saham terkemuka dan tepercaya di Amerika, S&P 500 melacak saham 500 perusahaan besar AS. Ini dipandang sebagai penunjuk arah bagi ekonomi AS karena mewakili kinerja beberapa perusahaan terbesar di negara itu.

Indeks S&P 500: Fitur Indeks

Indeks S&P 500, yang dimiliki oleh Indeks S&P Down Jones saat ini, adalah tolok ukur kinerja yang digunakan investor untuk membandingkan semua investasi, untuk mengukur keuntungan dan melihat bagaimana keseluruhan pasar berjalan. Manajer portofolio bertujuan untuk mengalahkan kinerja indeks benchmark S&P 500.

Indeks tersebut memiliki nilai keterwakilan yang besar karena mencakup 80 persen dari total kapitalisasi pasar. Yang mendapatkan nilainya dari nilai saham yang mendasarinya sehingga bersifat dinamis. Indeks tersebut saat ini dimiliki oleh indeks S&P Dow Jones.

Bagaimana Indeks S&P 500 Bekerja?

Untuk mengetahui apa yang dilakukan indeks, penting untuk mengetahui apa itu kapitalisasi pasar (cap). Kapitalisasi pasar adalah nilai total semua saham perusahaan yang diperdagangkan. Ini diperoleh dengan mengalikan jumlah saham yang tersedia di pasar dengan harga saham per saham. Indeks melacak dan mendaftar perusahaan kapitalisasi besar berdasarkan ukuran kapitalisasi pasar.

Misalnya, perusahaan dengan kapitalisasi pasar $ 200 miliar akan memiliki representasi 10X lipat dalam indeks dibandingkan perusahaan dengan kapitalisasi pasar $ 20 miliar. Pada Maret 2020, misalnya, indeks membanggakan kapitalisasi pasar total $ 21,42 triliun, yang merupakan penurunan 9,2 persen dari satu tahun lalu pada 2019 ketika kapitalisasi pasar mencapai $ 23,62 triliun.

Baca: Serba-serbi Indeks S&P 500, Bursa Saham dengan Pengukuran Terbaik di AS

Bagaimana Nilai Indeks S&P 500 Dihitung?

Indeks dinilai menggunakan metode kapitalisasi pasar mengambang bebas, artinya nilai saham yang mendasarinya diperoleh dengan cara mengalikan harga saham per saham dengan jumlah saham beredar yang diperdagangkan di publik secara eksklusif.

Cara ini tidak termasuk jumlah saham yang dimiliki oleh promotor, pemerintah atau pihak swasta.

Bagaimana bobot pasar dihitung?

Langkah 1 Hitung kapitalisasi pasar total dari setiap saham berkapitalisasi besar dalam indeks

Mari kita lihat contoh Apple yang memiliki bobot pasar yang signifikan dalam indeks.

Sekarang, pada akhir 2018, Apple memiliki 4,8 miliar saham yang diperdagangkan secara publik dan masing-masing saham diperdagangkan pada $ 149. Jadi kapitalisasi pasar mengambang bebas total Apple adalah setiap harga saham dikalikan dengan jumlah total saham yang diperdagangkan secara publik yaitu $ 712 miliar.

Langkah 2 Hitung kapitalisasi pasar total semua saham

Untuk menghitung kapitalisasi pasar total indeks, kapitalisasi pasar dari semua 500-505 perusahaan yang termasuk dalam indeks dapat ditambahkan.

Baca: Apa Itu Kapitalisasi Pasar?

Langkah 3 Hitung Bobot Pasar Individual

Penting untuk menghitung bobot pasar individu untuk mengetahui seberapa banyak saham suatu perusahaan mempengaruhi nilai indeks.

Kamu dapat memperoleh bobot pasar individu hanya dengan membagi kapitalisasi pasar mengambang bebas dari saham individu dengan kapitalisasi pasar S & P500 total. Misalnya, pada Maret 2020, Microsoft Corporation memegang 5,4 persen dari total bobot pasar di S&P 500, Apple Inc, Amazon.com Inc dan Facebook masing-masing memegang 4,8 persen, 3,6 persen dan 1,8 persen dari bobot pasar dalam indeks.

Logikanya, semakin berat pasar, semakin banyak persentase perubahan harga sahamnya akan mempengaruhi nilai indeks itu sendiri.

Indeks dikalibrasi ulang setiap triwulan dalam bulan Maret, Juni, September dan Desember. Perincian sektor-bijaksana juga cenderung berubah. Pada Maret 2020 misalnya, IT dan layanan yang mendukung IT merupakan 24,4 persen dari saham dalam indeks, kesehatan 14 persen. Sedangkan jasa keuangan 12,2 persen, kandang konsumen 7,2 persen, real estate 3,1 persen, di antara sektor-sektor lainnya.

Kualifikasi bagi Perusahaan untuk Terdaftar di Indeks S&P 500

Agar perusahaan dapat menemukan tempat di Indeks S&P 500, harus memenuhi persyaratan ini. Memenuhi persyaratan ini saja tidak secara otomatis membuat perusahaan memenuhi syarat untuk terdaftar di bursa.

Berdasarkan perusahaan yang memenuhi kriteria di bawah ini, komite berkekuatan tinggi memilih perusahaan berdasarkan industri, ukuran, dan seberapa likuid perusahaan tersebut agar benar-benar representatif.

Baca: Apa Itu S&P 500?

  1. Perusahaan harus berbasis di Amerika Serikat.
  2. Pada tahun 2020, harus memiliki kapitalisasi pasar (tidak disesuaikan) setidaknya senilai $ 8,2 miliar.
  3. Harga saham harus $ 1 atau lebih tinggi, per saham.
  4. Harus mengajukan laporan tahunan 10K
  5. 50 persen dari aset dan pendapatan harus berasal dari dalam Amerika Serikat.
  6. 50 persen saham perusahaan harus dapat diperdagangkan secara publik.
  7. Seharusnya melaporkan empat kuartal berturut-turut laba bersih positif.

Tidak boleh di atas seprai merah muda. Dengan kata lain, saham tersebut tidak boleh ada dalam daftar saham yang diperdagangkan secara bebas. Harus terdaftar di NYSE (New York Stock Exchange), Investors Exchange, Nasdaq, atau BATS Global Markets.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: angelbroking.com

Baca juga:

Mengapa Indeks S&P 500 adalah Strategi Investasi Pensiun Terbaik

Bagaimana Menghitung Imbal Hasil Saham S&P 500?

Ditulis oleh
channel logo

Linda Noviana

Right baner

Linda Noviana

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Present Value

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1