Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Apa Untungnya Investasi Saham bagi Perencanaan Keuangan?
shareIcon

Apa Untungnya Investasi Saham bagi Perencanaan Keuangan?

6 Mar 2023, 6:45 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Apa Untungnya Investasi Saham bagi Perencanaan Keuangan?

Mencapai tujuan keuangan tak lengkap rasanya tanpa investasi. Nah, dalam hal ini, investasi saham punya segudang manfaat lho bagi perencanaan keuangan. Simak di sini!

Apa Itu Perencanaan Keuangan?

Perencanaan keuangan adalah dokumen tertulis yang berisi kondisi finansial sseorang individu beserta rencana jangka panjang dan jangka pendeknya. Perencanaan keuangan dibutuhkan agar seseorang memiliki petunjuk dalam mengelola keuangannya agar tujuan-tujuan keuangannya dapat tercapai.

Di samping itu, seseorang juga membutuhkan perencanaan keuangan demi mengantisipasi risiko dan kebutuhan fundamentalnya ke depan, misalnya kebutuhan tak terduga dan urusan kesehatan. Tak ketinggalan, seorang individu juga membutuhkan perencanaan keuangan untuk mengevaluasi kegiatan keuangannya dalam rentang satu periode tertentu.

Apa Hubungan Perencanaan Keuangan dan Investasi?

Dalam mencapai tujuan finansial, seorang individu tentu harus mengelola arus kasnya. Dengan kata lain, dalam sebuah proses perencanaan keuangan, seseorang tidak boleh mengalami arus kas negatif, yakni kondisi di mana pengeluarannya jauh lebih besar dari pemasukannya.

Hanya saja, hal tersebut tidak hanya dilakukan dengan penganggaran (budgeting) pengeluaran semata. Namun, upaya pengelolaan arus kas juga harus diimbangi dengan pengelolaan penghasilan. Nah, di sinilah kegiatan investasi bisa berperan penting dalam mencapai tujuan finansial seseorang.

Dalam pengelolaan arus kas masuk, seorang individu biasanya lebih memilih investasi dibanding menabung karena mampu menghasilkan tingkat imbal hasil yang lebih meyakinkan. Implikasinya, seseorang mungkin bisa menggapai tujuan finansialnya lebih cepat dari jadwal seharusnya.

Hanya saja, setiap individu mungkin memilih instrumen aset investasi yang berbeda-beda di dalam proses perencanaan keuangannya. Hal itu tentu saja tergantung dengan tujuan keuangan dan profil risiko masing-masing individu. Sebagai contoh, seseorang bisa memilih investasi reksa dana jika ia punya profil risiko yang konservatif dan memiliki tujuan finansial jangka panjang.

Selain berinvestasi di reksa dana, masyarakat umum juga melirik investasi saham sebagai opsi andalan dalam proses mencapai tujuan keuangannya. Pasalnya, selain saat ini mudah dilakukan, investasi saham pun menyimpan banyak manfaat bagi proses perencanaan keuangan.

Lantas, apa saja manfaat investasi saham bagi perencanaan keuangan? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 3 Jenis Gaya Investasi Saham

Manfaat Investasi Saham bagi Perencanaan Keuangan

1. Rata-rata Memiliki Tingkat Imbal Hasil yang Baik

Investasi saham dikenal punya rata-rata return tahunan yang lumayan menggiurkan. Sebagai gambaran, rata-rata tingkat imbal hasil indeks saham S&P 500 antara 2013 hingga 2022 mencapai 10,41%. Angka tersebut tentu lebih baik dibanding rata-rata bunga produk deposito dalam negeri yang berkisar 2% hingga 6% per tahun saat ini.

Karakteristik tersebut dapat membantu seseorang untuk mengakumulasi kekayaannya dengan waktu yang cepat. Tak heran jika kemudian investasi saham kerap menjadi sarana utama bagi seseorang untuk membangun kekayaannya (wealth).

Bahkan, apabila kondisi dan prospek pasar modal lebih cemerlang, seorang investor saham bahkan bisa memasuki pensiun dan leyeh-leyeh sebelum usia seharusnya.

2. Mampu Mengalahkan Inflasi

Selain mampu mengantar investor untuk mencapai tujuan keuangannya, return lumayan investasi saham juga bermanfaat untuk melindungi kekayaan dan daya beli investornya di masa depan. Pasalnya, nilai return investasi saham dianggap bisa mengalahkan inflasi.

Sebagai contoh, seperti yang telah disinggung sebelumnya, rata-rata tingkat imbal hasil indeks S&P 500 antara 2013 hingga 2022 mencapai 10,41%. Di sisi lain, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa rata-rata tingkat inflasi Indonesia mencapai 4,16% di waktu yang sama.

Jika Sobat Cuan tidak menginvestasikan atau mengembangkan dananya di instrumen investasi dengan return yang lebih tinggi dari inflasi, maka nilai uangmu makin lama akan semakin terkikis. Ujung-ujungnya, uang yang kamu tabung nantinya bakal terkesan sia-sia. Pasalnya, kemampuan daya belimu pun akan susut seiring tergerusnya nilai uangmu akibat inflasi.

Sebagai contoh, uang Rp100.000 di 20 tahun lalu mungkin bisa digunakan untuk membeli dua setel pakaian. Namun, 20 tahun kemudian, uang tersebut mungkin hanya bisa dipakai untuk membeli satu setel pakaian. Artinya, nilai daya beli uang Rp100.000 itu sudah berkurang setengahnya dalam kurun 20 tahun.

Nah, agar Sobat Cuan memiliki tujuan keuangan ingin memiliki daya beli yang mumpuni di hari tua, maka tidak ada salahnya kamu mulai mengikutsertakan investasi saham di dalam kegiatan perencanaan keuanganmu!

3. Selain 'Capital Gain', Investasi Saham Menghasilkan Dividen

Instrumen investasi lain, misalnya emas, umumnya bakal menguntungkan investor jika ia mampu menjual kembali instrumennya dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga belinya. Hal yang disebut sebagai capital gain ini memang kerap menjadi andalan investor sebagai cuan dari kegiatan investasi.

Namun, khusus bagi investasi saham, investor juga akan mendapatkan ekstra keuntungan selain capital gain yakni dividen.

Dividen sendiri merupakan porsi laba bersih milik perusahaan yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham sepanjang periode tertentu. Nah, dengan kata lain, investor pun bisa mengikutsertakan imbal hasil dari dividen untuk memperbaiki arus kas mereka selain capital gain investasi saham.

Di Mana Kamu Bisa Investasi Saham?

Investasi saham memang memiliki manfaat yang mantap bagi perencanaan keuangan. Namun, saham yang dipilih tentulah harus saham berkualitas dan memiliki prospek masa depan yang baik. Lantas pertanyaannya, di mana Sobat Cuan bisa berinvestasi saham berkualitas secara praktis dan mudah?

Nah, Sobat Cuan bisa mendapatkannya di Pluang! Sebab, di aplikasi Pluang, kamu bisa berinvestasi saham AS berkualitas seperti Apple, Tesla, dan Microsoft mulai dari Rp5.000 saja! Selain itu, kamu pun berkesempatan mendapatkan dividen dari perusahaan-perusahaan tersebut!

Penasaran, kan? Yuk, investasi saham AS di Pluang sekarang!

Baca Juga: Mengapa Saham Apple Adalah Aset Berharga?

Download Pluang di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS, serta ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Referensi: The College Investor, The Balance Money, Nerd Wallet

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Penulis di pluang menulis blog untuk masalah umum.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
investasi
Apa 3 Manfaat Investasi di Saham Facebook?
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1