Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Simak 5 Tips Cara Memilih Aplikasi Investasi Terbaik!
shareIcon

Simak 5 Tips Cara Memilih Aplikasi Investasi Terbaik!

18 May 2023, 3:41 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Aplikasi Investasi Terbaik

Aplikasi teknologi finansial kini menjadi salah satu cara termudah bagi masyarakat untuk berinvestasi. Namun, bagaimana cara mengidentifikasi aplikasi investasi terbaik?

Apa Pentingnya Berinvestasi?

Saat ini, sudah menjadi hal yang biasa bagi banyak pekerja muda untuk memulai berinvestasi dengan menyisihkan sebagian pendapatannya sejak dini. Banyak dari mereka memilih untuk berinvestasi di pasar uang atau jenis investasi konvensional seperti properti, emas, dan tanah. Namun, apa sih sebenarnya fungsi dari investasi itu sendiri?

Umumnya, tujuan utama dari kegiatan investasi seseorang adalah memperoleh keuntungan dalam rangka mencapai tujuan keuangan (financial goals). Tentu saja, setiap orang pun memiliki tujuan keuangannya masing-masing. Di satu sisi, ada orang yang ingin memasuki usia pensiun dengan tenang. Di sisi lain, ada pula orang yang ingin mempersiapkan dana pendidikan anak tanpa harus merasa pusing. 

Dulu tidak semua orang memiliki akses terhadap investasi. Untungnya, seiring perkembangan zaman, kini mereka bsa berinvestasi dengan leluasa berkat kehadiran aplikasi-aplikasi investasi yang kian menjamur.

Kehadiran platform investasi tersebut sekilas memiliki kemiripan sehingga masyarakat pun bingung untuk memilih aplikasi investasi yang menjadi andalannya. Untungnya, kini masyarakat, termasuk Sobat Cuan, bisa mengetahui ciri-ciri aplikasi investasi terbaik dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini!

Baca juga: Ini Tips Mudah Menyusun Tujuan Investasi dan Cara Menggapainya!

Cara Memilih Aplikasi Investasi Terbaik

Untuk memilih aplikasi investasi terbaik, kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting agar tidak terjebak dalam pilihan yang salah.

1. Terdaftar di Regulator

Faktor keamanan adalah kunci dari aplikasi investasi yang mumpuni. Sebab, hal itu akan membuatmu merasa nyaman dalam berinvestasi tanpa perlu takut akan potensi kehilangan uang dan kegagalan dalam mencairkan cuanmu.

Nah, oleh karenanya, kamu harus memilih aplikasi investasi yang sudah diawasi oleh regulator di Indonesia. Dalam hal ini, kamu tentunya bisa melirik aplikasi Pluang.

Dalam kegiatan transaksi terkait emas, indeks saham AS, dan saham AS, Pluang bekerja sama dengan PT PG Berjangka yang berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Selain itu, transaksi aset kripto di Pluang pun dilakukan oleh PT Bumi Santosa Cemerlang (BSC), pedagang aset kripto yang sudah terdaftar di Bappebti.

Kemudian, Pluang juga menjadi gerai penjualan reksa dana yang difasilitasi Pluang Grow (PT Sarana Santosa Sejati) sebagai pemegang lisensi Agen Penjual Reksa Dana (APERD) dari OJK. Legalitas Pluang Grow tercatat dengan nomor lisensi KEP-20/PM.21/2020.

Tak hanya itu, Pluang juga telah mengantongi izin penyelenggara sistem elektronik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan nomor 001419.02/DJAI.PSE/04/2022. Dengan berbekal izin-izin tersebut, maka kegiatan investasi di Pluang dijamin aman dan sudah memenuhi persyaratan dan standar yang sudah ditetapkan regulator.

2. Ulasan Baik dari Pengguna Lain

Setelah mengecek aspek legalitas, kamu juga bisa menjejak reputasi aplikasi investasi melalui ulasan-ulasannya di internet. Pasalnya, ulasan-ulasan itu merupakan buah dari pengalaman pengguna, sehingga hal itu akan memberi "kisi-kisi" terhadap pelayanan dan fungsi yang akan kamu terima di aplikasi investasi tersebut.

Selain melalui ulasan internet, peninjauan reputasi juga bisa dilakukan dengan melihat mitra-mitra bisnis platform tersebut. Pluang, contohnya, telah bermitra dengan perusahaan lain seperti Gojek, DANA, dan Bukalapak untuk memudahkan akses investasi kepada masyarakat secara lebih luas.

3. Menyediakan Instrumen Investasi yang Sesuai Kebutuhan

Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi dalam sebuah aplikasi investasi, sangatlah penting untuk mengenal dan memahami mekanisme produk investasi yang akan kamu beli. Tentunya, produk-produk investasi itu harus bisa membantumu dalam mencapai tujuan keuanganmu. Jika aplikasi tersebut menyediakan produk yang sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risikomu, maka jangan ragu untuk mengenali si aplikasi lebih jauh.

Namun, aplikasi investasi yang paling unggul haruslah mengakomodasi segala kebutuhan investor dengan tipe yang beragam. Dengan kata lain, platform tersebut semestinya tidak hanya mengakomodasi investor dengan berbagai profil risiko namun juga investasi dengan jangka waktu yang berbeda-beda.

Nah, untungnya, karakteristik tersebut ada di aplikasi Pluang! Di Pluang, kamu berkesempatan untuk berinvestasi di ragam kelas aset, seperti emas, saham AS, aset kripto, dan reksa dana mulai dari Rp5.000 di satu aplikasi saja.

Aset-aset tersebut tentunya sangat cocok dimanfaatkan baik oleh investor jangka pendek maupun jangka panjang dalam memenuhi tujuan keuangannya. Di samping itu, aset-aset tersebut juga bisa dinikmati baik oleh investor dengan profil risiko rendah maupun profil risiko tinggi. Bahkan, aplikasi Pluang juga bisa digunakan baik oleh investor pemula maupun investor kawakan!

Selain itu, kehadiran kelas aset yang beragam di aplikasi Pluang juga dapat membantu investor untuk melakukan diversifikasi aset. Sehingga, kamu pun leluasa untuk meminimalisasi risikomu ketika berinvestasi kelak.

4. Memiliki Sifat 'User Friendly'

Aplikasi investasi hadir dengan tujuan utama untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para investor dalam melakukan transaksi. Sehingga, tidak dapat dipungkiri bahwa kamu pasti merasa senang jika aplikasi yang telah kamu unduh mudah digunakan dan tidak membingungkan.

Oleh karena itu, aplikasi yang ramah pengguna atau user friendly sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan bertransaksi dan menghindari kesalahan yang mungkin terjadi.

Sifat ramah pengguna pun tidak hanya terbatas pada soal tampilan antarmuka semata. Hal ini juga mencakup kemudahan top up, kemudahan untuk mengakses layanan pelanggan, dan kemudahan untuk mencari tahu informasi-informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan aplikasi tersebut.

Selain memiliki sifat ramah pengguna, aplikasi investasi terbaik juga harus menyediakan informasi secara transparan kepada penggunanya. Adapun informasi tersebut mencakup nilai portofoliomu, nilai gain/loss yang kamu alami, fee transaksi, dan harga aset.

5. Aplikasi Investasi Terbaik Selalu Memberikan Nilai Tambah

Aplikasi investasi terbaik tentu ingin penggunanya bisa berinvestasi dengan metode yang "benar". Dengan kata lain, aplikasi investasi tersebut tidak hanya menjadi tempat transaksi semata namun juga menjadi tempat bernaung bagi investor untuk menimba "nilai tambah" dari kegiatan investasi yang mereka lakukan.

Oleh karenanya, penting bagimu untuk memeriksa ekosistem yang dimiliki si aplikasi investasi. Sebagai contoh, coba cek lagi, apakah si aplikasi investasi memiliki wadah komunitas atau memiliki fitur-fitur investasi pendukung? Kemudian, apakah si aplikasi juga menyediakan sarana belajar investasi? Jika seluruh unsur-unsur tersebut terpenuhi, maka jangan ragu lagi untuk menggunakannya!

Untungnya, ekosistem pendukung tersebut bisa kamu temui di Pluang!

Di Pluang, kamu bisa berbagi pengalaman investasi ke sesama pengguna lain melalui fitur Chatroom dan grup Telegram yang khusus didedikasikan kepada pengguna. Di samping itu, kamu juga bisa belajar mengenai tips investasi dan kabar terbaru melalui Pluang Academy.

Tidak hanya itu, Pluang juga menyediakan berbagai fitur yang membantumu dalam menentukan keputusan investasi, misalnya melalui fitur indikator teknikal dan fundamental.

Nah, dengan demikian, banyak alasan bagimu untuk menggunakan Pluang sebagai aplikasi investasi terbaikmu, bukan? Ayo, download Pluang sekarang!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS, serta ratusan aset kripto dan belasan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: dbs, qmfinancial

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Penulis di pluang menulis blog untuk masalah umum.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
investasi
Apa 3 Manfaat Investasi di Saham Facebook?
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1